Jum'at 24 Januari 2020 | 28 Jumadil Awwal H | 03:00:09
IP Anda : 3.227.240.143
 
 
LHKPN dan LHKASN cegah potensi tindak Pidana Korupsi
Gedung kantor tempat memberikan aktivitas pelayanan dimulai
LAPORKAN DUGAAN PELANGGARAN MAUPUN KETIDAKPUASAN PELAYANAN APARAT PERADILAN
AfrikaansArabicChinese (Simplified)CzechDutchEnglishFrenchHindiIndonesianJapaneseRussianSpanishYiddish

ARSIP DOKUMEN

Terbaru
Laporan Tahunan/Akuntabilitas
  • LKjIP PTA KENDARI TAHUN 2015
    Secara umum dapat disimpulkan bahwa dari enam sasaran strategis yang ditetapkan dalam Penetapan/Perjanjian Kinerja Tahun 2015,…
  • LAPORAN TAHUNAN TAHUN 2015
    Penyusunan Buku Laporan Tahunan 2015 ini disusun berdasarkan Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 525-1/SEK/KU.01/XII/2015…
  • LAKIP PTA Kendari Tahun 2014
    Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Kendari Tahun Anggaran 2014
  • Laporan Tahunan PTA Kendari TA 2014
    Laporan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan Tinggi Agama Kendari dalam kurun waktu tahun 2014, baik…
  • LAKIP PTA Kendari TA 2013
    Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Kendari Tahun Anggaran 2013
Laporan Keuangan
Laporan Inventaris/BMN
Laporan Kepegawaian
Laporan Perkara
E-book

:: DETAIL

Standar Operasional Prosedur berperkara Pada Pengadilan Tingkat Banding

Mekanisme prosedur berperkara pada Pengadilan Tinggi Agama Kendari   dapat dilihat pada bagan alur berikut :

  1. Proses Penyelesaian Perkara Banding. 

No.

Kegiatan/Uraian Pelayanan

Unit/Pejabat Terkait

Waktu Penyelesaian

A.

PENERIMAAN BERKAS PERKARA BANDING DARI PENGADILAN AGAMA

 

 

1.

Petugas penerima surat menerima berkas perkara banding dari PA , baik dibawa langsung maupun melalui pos dan mencatat dalam agenda surat masuk

Sub.bag. umum

10 menit

2.

Petugas penerima surat mendistribusikan berkas perkara banding ke Panitera Muda Banding.

Sub.bag Umum/Panmud Banding

15 menit

3.

Menerima, meneliti kelengkapan berkas perkara dengan kegiatan :

 

 

 

 

  1. Membuat berita acara keadaan perkara

Petugas Meja I

60 Menit

  1. Melengkapi formulir PMH, penunjukan Panitera Pengganti dan PHS

Petugas Meja I

60 Menit

  1. Apabila berkas sudah lengkap maka Panitera Muda Banding menyerahkan berkas  kepada Wakil Panitera

Panmud Banding/Wapan

30 Menit

  1. Wakil Panitera meneliti dan meneruskan  berkas perkara kepada Panitera

Wapan

30 Menit

  1. Meneliti berkas perkara  dan menunjuk Panitera Pengganti

Panitera

60 Menit

  1. Apabila berkas sudah lengkap, Panitera Meneruskan kepada Ketua PTA

Panitera

30 Menit

  1. Mempelajari, meneliti dan menunjuk Majelis Hakim

Ketua PTA

60 Menit

  1. Meneruskan ke Panmud Banding untuk proses lebih lanjut

Panmud Banding

30 Menit

  1. Menyerahkan berkas perkara ke pada petugas meja II

Panmud Banding/Meja II

10 Menit

  1. Membuat surat pemberitahuan kepada Pengadilan Agama yang mengajukan banding dan para pihak, bahwa perkara banding telah diterima dan diregister

Panmud Banding

  1. menit
  1. Apabila berkas belum lengkap atau biayanya belum  dikirim atau kurang maka ;

PTA membuat surat untuk Kelengkapan berkas dan Menanyakan Biaya bandingnya ;

 

-Untuk sementara berkas perkara disimpan oleh petugas Meja I

 

 

Panmud Banding, Wapan, Pansek

120 Menit

Petugas Meja I

Kondisional

4.

Menyerahkan berkas perkara yang trelah didaftar dan diberi nomor register

Petugas Meja I

5 Menit

B

PENCATATAN, PEMBUATAN PMH, PHS DAN PENDISTRIBUSIAN BERKAS PERKARA

 

 

1.

Mendaftar/mencatat berkas perkara banding sesuai dengan tanggal dan nomor perkara yang didaftar dan diberi Nomor oleh pemegang kas kedalam buku register perkara.

Petugas Meja II

60 Menit

2.

Memberi nomor perkara pada sampul berkas perkara yang bersangkutan dan melengkapi formulir PMH dan PHS;

Petugas Meja II

20 Menit

3.

Menyerahkan berkas perkara banding kepada wakil panitera untuk diteruskan kepada Ketua PTA melalui Panitera;

Petugas Meja II

15 Menit

4.

Ketua PTA menunjuk Majelis Hakim dengan surat penunjukan Majelis Hakim (PMH);

Ketua PTA/ Petugas Meja II

15 Menit

5.

Membuat penunjukan Panitera Pengganti;

Panitera/ Meja II

15 Menit

6.

Mencatat susunan majelis hakim dan panitera pengganti dalam buku register dan menyerahkan berkas perkara tersebut kepada Ketua Majelis dengan menggunakan buku ekspedisi;

Petugas Meja II

10 Menit

7.

Membuat penetapan hari sidang (PHS)

Ketua Majelis dan Panitera Pengganti

20 Menit

8.

Menyerahkan berkas perkara kepada hakim anggota untuk dipelajari;

Ketua Majelis

10 Menit

C

PERSIDANGAN DAN PENYELESAIAN PERKARA

 

 

1.

Panitera atau Panitera Pengganti mempersiapkan berkas perkara dan peralatan persidangan sebelum majelis hakim memasuki ruang sidang

Panitera/Panitera Pengganti

15 Menit

2.

Ketua Majelis bersama Hakim anggota didampingi Panitera Pengganti melaksanakan persidangan

Majelis Hakim dan Panitera Pengganti

180 Menit

3.

Setelah sidang selesai dan ditutup oleh Ketua Majelis, maka Panitera/Panitera pengganti merapikan dan mengamankan berkas perkara dan peralatan lainnya setelah majelis Hakim meninggalkan ruangan sidang;

Panitera Pengganti yang melakukan persididangan

30 Menit

4.

Setelah Perkara Banding putus, maka Panitera mengirim kembali Kembali Bundel  A  ke Pengadilan Agama beserta Salinan putusan untuk diberitahukan kepada pihak;

Panitera Muda Banding/Meja III

120 Menit

5.

Berkas perkara banding Bundel B bersama putusan asli disimpan di PTA untuk keperluan arsip;

Meja III

20 Menit

6.

Menyimpan arsip berkas perkara Banding dalam Box besar dan diberi daftar isi, Nomor box,Nomor Perkara dsb.

Meja III

  1. menit

 

b     Laporan dan Statistik Perkara

No.

Kegiatan/Uraian Pelayanan

Unit/Pejabat Terkait

Waktu Penyelesaian

A.

PEMBUATAN DAN PENGIRIMAN LAPORAN

 

 

1.

Petugas menghimpun data laporan perkara yang diterima dan diputus PA dalam wil.PTA Kendari;

Panmud Hukum

25 menit

2.

Membuat rekapitulasi laporan perkara yang diterima dan diputus PA dalam wil.Hukum PTA Kendari;

Panmud Hukum

30 menit

3.

Menhimpun dan membuat Rekapitulasi Laporan factor-faktor penyebab perceraian dari PA dalam wil.PTA Kendari;

Panmud Hukum

25 menit

4.

Membuat rekap laporan perkara yang belumdiputus lebih dari dan kurang lebih 6 bulan oleh PA dalam wil.PTA Kendari

Panmud Hukum

25 menit

5.

Membuat Laporan Perkara yang diterima, diputus, factor-factor penyebab perceraian , yang diputus kurang dan lebih dari 6 bulan , mediasi , ekonomi syariah , prodeo dan sidang  keliling PA se wil.PTA Kendari;

Panmud Hukum

100 menit

6.

Mengirim laporan Ke MA-RI dan Ditjen Badilag perkara yang diterima, diputus , factor-factor penyebab perceraian , perkra yang diputus kurang dan lebih dari 6 bulan , mediasi , prodeo , sidang keliling dan ekonomi syariah melalui Pos / Fax

Panmud Hukum

Setiap tanggal 10 bulan berjalan

7.

Mengirim laporan Siadpa ke Ditjen Badilag semua perkara yang diterima , diputus , factor-faktor diterima, yang diputus kurang dan lebih dari 6 bulan , mediasi , ekonomi syariah , prodeo dan sidang keliling  dari PA se wil. PTA Kendari melalui situs E- mail

Panmud Hukum

Setiap tgl 10 bulan berjalan

8.

Menghimpun data perkara yang diterima, diputus , factor-faktor penyebab perceraian , perkara yang diputus kurang dan lebih dari 6 bulan , mediasi , ekonomi syariah , sidang keliling dan prodeo kedalam aplikasi statistik 

Panmud Hukum

24 jam

9.

Memverifikasi data perkara yang diterima , diputus, factor-faktor penyebab perceraian , perkara yang diputus kurang dan lebih dari 6 bulan , mediasi , ekonomi syariah , sidang keliling dan Prodeo

Panmud Hukum

24 jam

10.

Membuat statistic perkara yang diterima, diputus , factor-factor penyebab perceraian, perkara yang diputus kurang dan lebih dari 6 bulan, mediasi, ekonomi syariah , sidang keliling dan prodeo;

Panmud Hukum

24 jam

11.

Petugas menghimpun datya dan mengirim ke Badilag laporan perkara yang diterima dan diputus pada PTA Kendari

Panmud Hukum

Setiap tanggai 1

12.

Mengirim laporan biaya perkara, siding keliling  dan perkara prodeo melalui SMS gatewey

Panmud Hukum

Setiap tanggai 5

13.

Menghimpun dan membuat rekapitulasi data perkara yang diterima se wilayah PTA Kendari

Panmud Hukum

60 Menit

14.

Menghimpun dan membuat rekapitulasi data perkara yang diputus se wilayah PTA Kendari

Panmud Hukum

60 Menit

 

 

Dokumen Standar Operasional Prosedur pada unit Kepaniteraan selengkapnya dapat di unduh di sini

 

Dokumen Standar Operasional Prosedur Kepaniteraan (2013) dapat di unduh di sini

Baca juga :
Modul load_related_items belum di konfigurasi